Selasa, 13 Januari 2015

How to make pempek.. cara praktis membuat pempek

Pempek makanan favorit kami sekeluarga. Ketika Nala lagi gtm pun cuma pempek yg akhir nya bisa di lahap. Berikut tutorial membuat pempek versi saya :)
Bahan :
1kg daging giling ikan tenggiri
1kg Sagu tani
800 ml air dibagi 2 @400ml
3sdm garam halus.
Cara membuat :
1. Kocok dengan mixer daging ikan dan air 400ml sampai tercampur rata dan terlihat halus.
2. Larutkan garam ke dalam 400ml air sisa dan tuangkan larutan garam ke dalam mixer, maka seketika daging ikan akan mengental. Lalu matikan mixer
3. Campurkan sagu tani perlahan-lahan, aduk menggunakan sendok kayu sampai semua rata. 
4. Adonan yg dihasilkan memang sedikit lembek dan seperti susah untuk d bentuk. Namun tidak masalah.
5. Untuk membentuk pempek siapkan nampan yg permukaan ny licin. Lalu taburkan sagu cukup banyak, letakkan adonan secukupnya diatasnya lalu gulingkan perlahan2. Apabila masih lengket tambahkan lagi sagu diatas permukaan nya. Sampai bentuk nya benar2 rapih
6. Karena tekstur adonan yg lembut maka untuk memasukkan nya ke panci bisa menggunakan bantuan plastik. Rebus pempek sampai mengembang dan mengapung. 
Selamat mencoba ya

2 komentar:

Ann Qanita mengatakan...

Maulah nanti nyobain resep iniiih...soale doyan banget juga mpek mpek...nyam nyam..
btw ikan nya harus tengiri kah mba?

dwi diningsih adi putri mengatakan...

Hai mbak ann.. salam kenal.. klo aq dan klrga favorit ny tenggiri mbk. Atau bs jg belida. Rasanya pas gt gurih n amis nya. Klo ikan laut yg lain krg suka mbk, krn terlalu amis. Tapi tergantung selera jg kok mbk. Slmt mencoba ya