Minggu, 22 Januari 2017

Mengajak Si Kecil Mencintai Hijab Sejak Dini



Postingan ini adalah collaborative blogging kedua saya dengan bubun dee. Kali ini kami mengangkat tema tentang "Islamic Parenting", dan judul yang saya angkat dari tema tersebut adalah Mengajak Si Kecil Mencintai Hijab Sejak Dini.


Berhijab adalah perintah Allah yang wajib hukum nya bagi muslimah baligh, tapi sedih nya belum semua muslimah baligh mentaati perintah Allah tersebut. Padahal di dalam Alquran jelas sekali tertulis perintah untuk berhijab dalam surat Al-A'raf ayat 26, surat Al-Ahzab ayat 59, dan surat An-Nuur ayat 31.

Menurut survey yang dilakukan oleh Muhammad Assad, penulis 99 Hijab Stories: A Beautiful Spiritual Journey, alasan mereka yang belum berjilbab antara lain :
1. Belum siap
2. Menghijabkan hati dulu
3. Belum dapat hidayah
4. Tidak yakin hijab adalah kewajiban
5. Takut panas dan merusak rambut
6. Dilarang ortu
7. Akan susah mencari pekerjaan
8. Jauh jodoh
9. Tidak modis
10. Takut jelek.

Melihat 10 alasan tersebut rasanya menjadi sangat penting bagi saya untuk menanamkan kecintaan akan hijab sejak dini kepada anak perempuan saya yang usia nya belum genap 4 tahun. Saya berharap ketika anak saya sudah memasuki usia baligh nya nanti dia sudah nyaman dan tidak asing lagi dengan hijab nya serta menjadikan hijab sebagai bagian penting dari diri nya.


Berikut ini ada beberapa tips untuk menumbuhkan kecintaan si kecil terhadap hijab, yaitu :

1. Tidak memaksakan. 
Berhubung masih anak-anak dan belum wajib berhijab maka saya tidak memaksakan si kecil untuk selalu berhijab. Ketika dia merasa kegerahan boleh saja dia melepas hijab nya, dan kemudian akan saya tawarkan lagi mengenakan hijab bila seperti nya dia sudah tidak kegerahan.

2. Menciptakan mindset bahwa yang cantik itu adalah yang berhijab. 
Ketika si kecil sedang mengenakan hijab maka hujan pujian saya berikan kepada nya. Cara ini dapat meningkatkan kepercayaan diri nya ketika mengenakan hijab. Juga ketika kami bersama-sama melihat gambar atau tayangan wanita berhijab saya selalu menjadikan nya sebagai contoh keindahan dan kecantikan kepada si kecil.

3. Menceritakan konsep pahala, serta surga dan neraka.
Saya selalu bercerita kepada si kecil tentang betapa indah nya surga kelak, dan yang dapat masuk ke surga hanya lah hamba Allah yang pahala nya banyak, yang taat akan perintah Allah. Perintah Allah salah satu nya adalah berhijab ini.

4. Memilihkan jenis pakaian yang nyaman dan lucu.
Ini sangat penting karena berhijab rentan gerah bagi anak-anak, maka pilihlah bahan pakaian dan hijab yang nyaman dikenakan. Biasa nya saya memilihkan pasangan kaos yang adem dan celana bahan katun atau kaos juga. Pilihan warna dan gambar kaos nya pun yang lucu dan menarik agar si kecil semakin mencintai style nya. Alhamdulillah sekarang yang menjual model baju muslim anak pun sudah banyak sehingga tidak sulit dicari. Ada 1 hijab favorit nya si kecil yang dia pilih sendiri ketika di toko hijab, hijab nya lucu karena ada aksesoris seperti kamera menggantung. Bila sudah mengenakan hijab yang ini si kecil bangga nya bukan main, dia akan berlagak macam fotografer yang siap memotret siapa saja.



5. Memilihkan sekolah yang seragam nya berhijab.
Hal ini melatih si kecil untuk rutin berhijab setiap hari, serta membuat si kecil semakin nyaman mengenakan hijab dalam berbagai kegiatan.




6. Dukungan dari orang-orang terdekat.
Alhamdulillah untuk si kecil saya lingkungan sekitar nya sangat mendukung dia untuk belajar berhijab, termasuk para nenek nya yang sudah paham bila ingin membelikan baju buat cucu tercinta nya ini pasti dipilihkan baju-baju yang hijab friendly.
Pernah ada cerita salah satu kerabat yang anak nya senang sekali mengenakan hijab, tetapi om dan tante nya selalu mencela penampilan si anak ketika sedang kumpul bersama. Akhir nya si anak jadi minder, tidak nyaman dengan hijab nya dan memilih tidak lagi mengenakan hijab sehari-hari. Sayang sekali bukan? Tips saya bila bertemu dengan situasi seperti ini terus besarkan hati si anak dan beri edukasi yang sopan untuk orang-orang di sekitar.

Alhamdulillah dari ke 6 tips yang  sudah saya terapkan kepada si kecil Nala tersebut, kecintaan nya akan hijab sudah mulai tumbuh dan bersemi. Tak jarang bila hendak keluar rumah sekedar berbelanja di warung kompleks si kecil buru-buru meraih hijab nya dulu. Pun wajah nya terlihat berseri-seri manakala saya ajak berbelanja hijab warna pink kesukaan nya.


Sekian dan semoga bermanfaat ya...

Ps : Jangan lupa baca juga artikel bubun yg berjudul Subhanallah! Susahnya mendidik anak menjadi Soleh ya

1 komentar:

Dian Mariesta mengatakan...

Alhamdulillah.. ayuk Nala yang cantik, semoga tetap dimudahkan dalam setiap langkahmu ya nak. Tetap istiqomah. Insya Allah Jannah balasannya.. aamiin.. aamiinn